Peralatan Untuk Youtuber Pemula Yang Wajib Anda Miliki

Peralatan Wajib Youtuber Pemula
Kumpulinilmu.com - Sekarang semakin hari youtuber semakin banyak, apalagi di jaman yang serba modern ini semua wajib memiliki yang namanya hp/smartphone. Anak-anak adalah penonton terbesar menurut kami karena anak-anak sangat suka dengan video, apalagi animasi.

Untuk menjadi youtuber, kita memerlukan beberapa peralatan untuk membuat sebuah video. Mulai dari kamera, laptop, hp, dan sebagainya. Mulai yang harganya murah sampai jutaan rupiah seperti kamera DSLR yang dibandrol dengan harga 5 Juta+.

Namun anda tidak perlu membeli peralatan yang mahal seperti itu karena dengan kamera hp sekarang ini sudah mampu memperoleh kualitas yang sangat bagus. Ada kamera pasti juga ada mic, pilihlah mic sesuai kebutuhan anda masing masing.

Sebelum anda membeli peralatan diatas, sebaiknya pikirkan dulu konten apa yang kalian akan buat. Kalau konten sejenis prank maka pakailah hp dan mic yang mampu menjangkau jarak jauh. Beda pula kalau animasi, kalian bisa membeli PC karena renderingnya sangatlah berat.

Berikut ini adalah peralatan yang wajib anda miliki selaku youtuber pemula:

Peralatan Youtuber Pemula


1. PC/Laptop


Yang pertama wajib kalian miliki sebagai seorang youtuber pemulaadalah PC/Laptop. Mengapa demikian? ya karena untuk proses editing sendiri kebanyakan orang akan memilih PC karena specknya yang sangat bagus. Beda lagi kalau memakai hp/smartphone, mungkin bisa pakai hp tapi akan cepat panas dan membuat baterai hp cepat habis.

Jika kalian memilih untuk membuat sebuah konten animasi, pc sangatlah penting karena untuk proses rendering itu sendiri memakan waktu dan spek yang cukup besar. Tapi kalo untuk konten exe pakai hp saja sepertinya tidak masalah.

2. Kamera


Kamera sangat diperlukan untuk membuat sebuah video, apalagi jenis video yang kalian pilih adalah video parodi. Ya mau tidak mau kalian harus memiliki kamera, baik kamera DSLR ataupun kamera hp.

Pilihlah jenis kamera yang mampu merekam dengan resolusi tinggi minimal 720p. Namun jika kalian memiliki uang lebih maka belilah kamera yang dapat merekam dengan resolusi 1020p karena akan lebih jernih dan enak untuk ditonton.

3. Memory Card


Siapa sih yang ngak tau dengan momory card? iya memory card adalah sebuah kartu yang digunakan untuk menyimpan data. Untuk kamera sendiri, tanpa memory card maka foto/video tidak akan dapat tersimpan.

Jadi pilihlah memory card dengan ruang penyimpanan besar, paling tidak bisa menampung 10GB+ karena hasil jepretan dari kamera memiliki resolusi yang cukup tinggi. Untuk DSLR sendiri bisa memakan ruang 6MB/Foto.

4. Tripod


Untuk tripod sendiri itu tergantung dari penggunaan, jika anda menginginkan sebuah hasil video yang stabil dan tidak banyak goyang anda wajib memakai tripod. Anda bisa menaruh tripod di tanah atau dipegang layaknya stabilizer.

Harga tripod sendiri sangat terjangkau, mulai dari 100 ribu sampai jutaan rupiah tergantung mereknya. Anda bisa membelinya di toko online seperti lazada, tokopedia, shopee dan juga di toko peralatan komputer/kamera terdekat.

5. Stabilizer


Stabilizer sangat berguna jika anda ingin menjadi seorang youtuber pemula, apalagi anda sering goyang goyang saat pegang kamera. Namanya juga stabilizer, fungsinya ya untuk menstabilkan gerakan kamera supaya tidak goyang.

Cara penggunaan stabilizer sendiri cukuplah mudah, tinggal kalian setting dan pegang saja setelah itu bisa kalian gunakan. Untuk harganya sendiri hanya 150k up.

6. Aplikasi Edit Video


Aplkasi untuk mengedit vidio juga sangat penting, kalau tidak ada aplikasi buat ngedit pakai apa dong hayoo. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan selera anda, tetapi perhatikan juga spek dari perangkat anda.

Jika memakai PC anda bisa menggunakan Adobe premiere pro/filmora. Perhatikan juga spek dari pc kalian. jangan sampai pas ngedit not responding gara-gara pc tidak kuat ngangkat. Jadi jika spek pc anda tidak memadai gunakanlah aplikasi sejenis filmora.

Namun kalo anda memakai hp, bisa menggunakan kinemaster. Cara penggunaanyapun cukup mudah dan tidak memerlukan spek hp yang terlalu tinggi.
Next Post Previous Post