Pengertian Penyimpanan Cloud Storage dan Contohnya

Pengertian Penyimpanan Cloud dan Contohnya

Pengertian Penyimpanan Cloud dan Contohnya - Hello geng, di kesempatan kali ini saya akan mebahas apa itu Penyimpanan Cloud atau kalau di ubah ke bahasa indonesia berarti penyimpanan awan.

Apa Itu Penyimpanan Cloud?


Penyimpanan cloud penyimpanan awan adalah sebuah penyimpan data yang terletak di server pusat yang bisa di akses oleh semua orang menggunakan internet. Siapa saja yang dapat mengakses internet dan mempunyai tautan akan bisa membukanya.

Secara singkatnya seperti itu, penyimpanan cloud dikelola oleh sebuah perusahaan yang mempunyai server dengan daya tampung data yang sangat besar dan server tersebut harus online dalam waktu 24 jam.

Kebanyakan pengguna Penyimpanan Cloud adalah perusahaan yang membutuhkan penyimpanan besar dan perkantoran yang memiliki data-data penting yang tidak bisa di simpan di satu tempat. Selain itu sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakanya sebagai alternatif lain.

Apa Manfaat dan Keuntungan Penyimpanan Cloud?


Penyimpanan cloud memiliki banyak kegunaan diantara lain adalah untuk mencegah kehilangan data jika suatu saat perangkat yang di gunakan untuk menyimpan data hilang, dicuri orang ataupun tidak sengaja terhapus karena kesalahan pribadi.

Selain itu sekarang sudah banyak perusahaan laptop maupun ponsel yang sudah menggunakan penyimpanan berbasis cloud untuk mensinkronisasikan data penggunanya. Dengan begitu para penggunanya tidak perlu khawatir lagi jika data mereka hilang.

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik

Belum lagi maraknya serangan virus yang merajalela di dunia cyber mendorong kita untuk mau tidak kau harus menggunakan jasa penyimpanan cloud untuk menyimpan data penting kita. Salahsatunya adalah ransomware yang sudah banyak merengut korban di seluruh dunia.

Contoh Penyedia Layanan Penyimpanan Cloud


Banyak sekali perusahaan yang menawarkan penyimpanan berbasis cloud dan juga mereka menawarkan keamanan data untuk penggunannya. Tapi pandai pandailah memilih mana yang terbaik untuk anda, berikut ini beberapa jasa penyedia Penyimpanan Cloud rekomendasi.

1. Google Drive


Google Drive adalah tempat penyimpanan data onlne milik google sendiri. Mereka memberikan 15 GB gratis kepada setiap penggunanya dan jika kalian ingin menambah kapasitas harganyapun sangatlah terjangkau.

Namun jika kalian hanya untuk menyimoan data pribadi seharusnya 15 GB itu sudah lebih dari cukup. Kecuali jika kalian menyimpan data file besar maka kalian disarankan untuk mengupgrade penyimpanan Google Drive Kalian.

2. Dropbox


Dropbox adalah tempat penyimpanan data online yang cukup bagus, mengapa demikian? karena Dropbox sudah ada pada hanpir setiap system operasi mulai dari Windows, Linux, Smartphone, dll. Hal ini menjadikan Dropbox rekomendasi selain Google Drive.

Dropbox memberikan 18 GB gratis kepada setiap penggunanya dan kapasitas standartnya adalah 2 GB. Untuk dapat 18 secara gratis maka kalian harus mengundang sebanyak 32 orang dalam masing masing orang mendapatkan 500 MB.

3. OneDrive


OneDrive adalah Penyimpanan data berbasis cloud yang dimiliki oleh perusahaan besar Microsoft Corporation. OneDrive sendiri sudah tersedia untuk berbagai perangkat baik PC, MAC, HP sehingga sangat cocok untuk menyimpan data berbasis cloud.

Penutupan:


Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan dan jika ada pertanyaan seputar Penyimpanan Cloud lainya bisa berkomentar agar kedepanya admin dapat memberikan penjelasanya. Cukup sekian dan terimakasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url