Cloud Storage, Kelebihan Dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Storage

Kumpulinilmu.com - Semakin berkembannya jaman maka semakin maju pula teknologi yang di gunakan. Salah satunya adalah berkembanya metode penyimpanan digital secara online yang di sebut Cloud Storage. Dengan adanya cloud storage maka mempermudah segala aktifitas penyimpanan data.

Pengguna penyimpanan online Cloud Storage biasanya adalah perusahaan jasa penyedia cloud hosting untuk website dan VPS. Selain itu banyak juga yang menggunakan Cloud Storage untuk menyimpan data dan sebagai media untuk backup data file.

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud Storage dalam bahasa mudahnya adalah sebuah penyimpanan online yang dapat di akses menggunakan internet kapanpun dan di manapun. Penyimpanan Cloud Storage diletakan di sebuah server komputer yang umumnya memiliki jumlah yang banyak.
Baca Juga: Pengertian Penyimpanan Cloud Storage dan Contohnya
Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut silahkan klik link di atas. Oke next, meskipun kelihatanya sangat hebat tetapi masih ada kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika kalian ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan Cloud Storage simak artikel berikut ini.

Kelebihan Cloud Storage

1. Menghemat Penyimpanan Internal

Dengan menggunakan penyimpanan yang berbasis online cloud, maka, kita bisa menghemat banyak ruang di komputer atau hp kita karena semua file yang di upload ke cloud storage akan disimpan di server pusat penyedia layanan tersebut.

2. Dapat Diakses Kapan Saja dan Fleksibel

Dengan di simpanya data di internet, kita bisa saja membuka file kita dengan sangat mudah tetapi dengan 1 syarat. Perangkat yang kita gunakan harus terkoeksi dengan internet karena untuk dapat mengakses server Cloud Storage kita memerlukan internet.

3. Kapasitas Penyimpanan Tidak Terbatas

Berbeda dengan penyimpanan internal (perangkat), penyimpanan cloud relatif tidak terbatas. Hal ini dikarenakan penyimpanan cloud memiliki banyak sekali server yang di setiap servernya mampu menampung sampai ratusan TB.

4. Lebih Aman

Jika di bandingkan dengan penyimpanan perangkat kita, penyimpanan berbasis Cloud Storage jauh lebih aman. Kenapa demikian? karena jika di komputer kita terkena virus sangat besar kemungkinan data kita ikut kena imbasnya, tetapi kalau di penyimpanan cloud akan jauh lebih aman dikarenakan tidak langsung terkoneksi dengan komputer yang terinfeksi.
Baca Juga: Aplikasi Penyimpanan Data Online Untuk Android

5. Biaya Yang Terjangkau

Di bandingkan dengan harga sebuah harddisk(HDD) atau Solid State Drive(SSD), harga sewa dari Cloud Storage mungkin bisa dibilang sangat terjangkau. Hanya dengan biaya 50 Ribu kita bisa menyimpan data file hingga puluhan GB bahkan ada yang menawarkan sampai ratusan GB.

6. Data Tidak Akan Hilang

Keuntungan lainya dari penyimpanan cloud adalah data kita tidak akan hilang kecuali kita menghapusnya sendiri. Namun ada kalanya data kita akan hilang jika file yang kita upload mengandung virus atau melanggar ketentuan.

Di atas adalah kelebihan dari penyimpanan berbasis online Cloud Storage. Nah selanjutnya kita akan membahas kekuranganya. tidak bagus kalau hanya membahas yang bagus sendangkan kekuranya tidak disebutkan.

Kekurangan Cloud Storage

1. Sangat Tergantung Pada Internet

Namanya juga penyimpanan online, pasti tidak lepas dari kata internet. Jika kita tidak dapat mengakses internet, maka kita tidak bisa mengakses data kita yang berada pada penyimpanan cloud. Jadi dapat di katakan tanpa internet kita tidak bisa mengakses data kita.

2. Terikat Dengan Ketentuan Penyedia Jasa

Dengan kita menittipkan data kita ke orang lain, maka kita juga harus taat dengan peraturan ketentuan yang di berikan oleh penyedia jasa layanan Cloud Storage. Namun hal itu tidak akan mempengaruhi kita jika kita taat dengan peraturan tersebut.
Baca Juga: Tempat Penyimpanan Cloud Terbaik Untuk Backup Data

3. Jika Jatuh Tempo, Data Terancam Hilang

Salah satu kekurangan menggunakan Cloud Storage adalah jika kita lalai dalam membayar sewa layanan cloud, data yang kita simpan terancam akan hilang. Tetapi untungnya banyak penyedia yang memberitahu sebelum masa sewa habis.

Penutupan:

Nah itu dia Kelebihan dan Kekurangan Cloud Storage. Jika ada yang lainya bisa beritau admin melalui kolom komentar, dan jika bermanfaat silahkan untik share melalui tautan di bawah ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url