Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal HP Penuh

Kupulinilmu.com – Penyimpanan penuh itu sangatlah menyebalkan, apalagi kita yang seorang gamers. Banyak sekali yang merasa kesal akibatnya memori internal penuh, termasuk saya sendiri dan mungkin kalian juga.

Banyak sekali faktor yang memyebabkan penuhnya penyimpanan internal, salah satunya adalah terlalu banyak menyimpan file-file yang ukuranya besar. Belum lagi ukuran aplikasi dan game yang cukup memakan ruang penyimpanan.

Paling marak adalah para penggunaa hp xaiomi, entah dari mana tiba-tiba saja penyimpanan nya penuh, padahal hanya menginstall beberapa aplikasi saja seperti whastapp dan facebook.

Oke kita akan cari tau dulu dari mana asalnya.

Penyebab Utama Memori Internal Penuh

Ada banyak sekali hal yang mempengaruhi hal ini, berikut adalah daftarnya:
  1. Cace aplikasi dan game tidak pernah di bersihkan
  2. FIle foto dan video yang terlampau banyak
  3. Terdapat malware di hp kalian
Dari ketiga hal di atas yang nomor satulah yang paling memungkinkan, untuk mengatasinya silahkan baca sampai habis.

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh

1. Hapus Cace Aplikasi

Untuk dapat mengatasi penyimpanan internal penuh, sebaiknya bersihkan cace aplikasi kalian mengggunakan aplikasi pembersih ruang/ram yang biasanya sudah terinstal di hp masing masing.

Cara kedua untuk menghapus cace adalah silahakan kalian masuk ke Penggaturan> Aplikasi> Pilih Kelola Aplikasi(jika ada)> pilih aplikasi yang akan di bersihkan cacenya. Perlu diingat cukup cacenya saja jangan hapus data.

2. Hapus Aplikasi dan Game Yang Tidak Dipakai

Cara selanjutnya adalah silahkan kalian hapus aplikasi yang tidak di pakai. Biasanya aplikasi yang jarang dipakai juga menyimpan data yang sangat besar sehingga membuat penyimpanan internal penuh.

Atau jika kalian malas jika harus mendownload ulang aplikasi yang sudah di hapus, kalian bisa mencadangkannya ke laptop atau ke cloud storage. Dengan begitu kalian bisa menghemat penyimpanan lebih banyak.

3. Pindahkan Data Dari Memori Internal ke Memori Exsternal

Jika kalian memiliki memori sd card yang terpasang di hp, kalian bisa memindahkan datanya ke situ. Dengan begitu kalian bisa mengatasi penyimpanan internal yang penuh dengan mudah. Jika dikiranya masih belum cukup mengatasinya bisa coba cara selanjutnya.

4. Gunakan Penyimpanan Online Cloud Storage

Jika beberapa cara di atas sudah tidak berpengaruh banyak, coba pindahkan data file yang berukuran besar ke penyimpanan online. Dengan begitu kalian sudah tidak perlu lagi memikirkan memori internal.

Ada banyak sekali penyedia layanan penyimpanan online cloud yang beredar diluar sana. Salah satunya adalah google drive yang dipegang langsung oleh perusahaan google. Namun kalian juga bisa mencoba lainya sebagai alternatif
Baca Juga: Aplikasi Cloud Storage Untuk Backup Data di Android

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Membersihkan Ruang

Jika menggunakan aplikasi pembersih bawaan hp, biasanya tidak semua sampah akan dibersihkan. Untuk itu kita perlu aplikasi lain untuk membersihkanya, jika hp kalian sudah dalam keadaan root bisa menggukana aplikasi Link 2SD.

Jika belum di root kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih ruang yang ada di playsotre. Kenapa begitu? karena dari pengalamn saya hp yang sudah di root lebih efektif untuk memberihkan sampah yang memenuhi memori internal.

6. Reset Pabrik

Jika cara-cara diatas sudah tidak efektif lagi, saran terkhir adalah dengan melakukan reset pabrik atau flass ulang. Dengan begitu memori internal kalian akan seperti sedia kala, namun jika kalian hanya pemula harap reset pabrik saja dan jangan mencoba coba flass sendiri akrena dapat berakibat bootlop.

Penutup:
Nah kurang lebih begitulah cara untuk mengatasi penyimpanan memori internal penuh. Jika ada pertanyaan kalian bisa mengajukanya di kolom komentar. Sekian dari saya jika ada kesalahan mohon untuk dimaklumi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url