Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Massal

Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Massal

Hallo sobat kumpulinilmu.com, kali ini admin akan membahas bagaimana cara mengubah ukuran foto/resize secara massal. Biasanya kebanyakan orang akan melakukanya secara manual, namun kali ini admin akan memberikan sedikit trik.

Untuk dapat melakukan resize foto secara massal, kita memerlukan sebuah aplikasi tambahan yang bernama Caesium. Dengan aplikasi Caesium kita dapat dengan mudah merubah ukuran dan format suatu foto dengan mudah.

Apa Itu Caesium?


Caesium adalah sebuah software open source yang dikembangkan oleh Matteo Paonessa yang di publikasikan di website sourcefotge(net). Software ini sepenuhnya gratis dan tidak dipungut biaya sedikitpun.

Caesium mampu mengubah format gambar dan meresize ukuran gambar satu persatu ataupun massal. Hal ini yang membuat aplikasi Caesium sangat recomended karena penggunaaanya yang mudah.

Tidak perlu berlama lama lagi mari kita mulai saja tutorialnya:

Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Massal


1. Download Aplikasi Caesium


Download
Caesium - Image Compressor
16,1 MB

Pertama tama bagi yang belum mempunyai aplikasinya dipersilahkan download di link atas ini.

2. Pilih Folder


Kedua adalah silahkan kalian klik di gambar yang sudah saya tandai, setelah itu silahkan ikuti tutorial selanjutnya (Pilih foto dengan resolusi sama lalu masukan ke dalam 1 folder, pisahkan antar poto potrait dengan landscape)

3. Pilih Lokasi Folder Foto Kalian


Silahkan kalian pilih lokasi folder tempat disimpanya foto yang akan di resize, untuk saran saya sebaiknya cadangkan dulu fotonya supaya jika nanti ada error masih memiliki cadangan.

4. Berhasil di import


nah jika tampilanya sudah seperti gambar di atas, itu tandanya sudah berhasil diimport. Selanjutnya ikuti tutorial nomor 5

5. Setting Resize


Centang yang saya tandai dengan warna merah, setelah itu ganti dengan ukuran yang kalian inginkan(Pastikan centang bagian Keep Acpect Ratio), Setelah itu centang warna hitam(Same for all) dan klik apply

6. Setting Output Folder


Klik titik 3 di bagian yang saya tandai dengan warna merah setelah itu cari lokasi dimana kalian menaruh folder foto yang akan di edit

7. Klik Compress


Setelah semua sudah selesai, silahkan klik tombol Compress dan tunggu sampai selesai.

8. Masih Loading


Masih loading gays

9. Selesai dan Berhasil


Jika sudah berhasil maka tampilanya akan seperti gambar di atas, setelah itu silahkan cek foto kalian apakah sudah teresize apa belum

Sekian dari saya, jika ada pertanyaan bisa berkomentar di kolom komentar dengan bahasa yang baik dan sopan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url