Cara Memberikan Password phpMyAdmin Pada XAMPP

Nah ditutorial kali ini saya akan membahas tutorial tentang Cara Memberi Password Pada phpMyAdmin XAMPP. Kita dapat menjalankan sebuah script/theme sebuah website yang memiliki code pemrograman php hanya dengan aplikasi xampp tanpa menggunakan hosting dan tentunya gratis. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Apache Friends pada tahun 18 Juli 2013 dengan sistem pengoperasian Cross-platform (Linux, Windows, Solaris, Mac OS X)

Lalu apa itu Aplikasi XAMPP?. Aplikasi XAMPP adalah sebuah perangkatlunak/software bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, yang juga merupakan kompilasi dari beberapa program

Kelebihan aplikasi XAMPP ini adalah kita dapat menjalankanya secara offline/tanpa koneksi internet. Orang-orang biasanya menggunakan aplikasi ini untuk membangun script sebuah website apapun itu jenisnya, baik website jual beli ataupun berita. Namun saat kita membuat website, kita harus menghubungkanya ke Data Base MySql ataupun phpMyAdmin untuk bisa memuat dan menyimpan data login ataupun informasi informasi penting lainya.

Pada dasarnya saat kita mau menghubungkan Database ke Website kita, kita perlu akses masuk menggunakan username dan password phpMyAdmin hosting kita. Nah di XAMPP saat kita baru menginstall di phpMyAdmin kita tidak ada password yang menyebabkan kita kesusahan dalam membangun website.

Nah kalian tidak usah khawatir, karena phpMyAdmin XAMPP juga bissa diberi password. Untuk lebih jelasnya untuk Cara Memberi Password Pada XAMPP mari kita lihat tutorial berikut ini

Cara Memberikan Password phpMyAdmin Pada XAMPP

1. Buka Tempat Penyimpanan XAMPP

Pertama-tama kita buka terlebih dahulu tempat penyimpanan aplikasi XAMPP kita terlebih dahulu dan cari folder phpMyAdmin. Nah Kebetulan saya menyimpannya di Drive "C:/xampp/phpMyAdmin", untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar diatas.

2. Edit Config
Nah setelah kita membuka folder tersebut. Cari file yang bernama "config.inc.php", dan buka file tersebut(nb:kalian bisa membukanya dengan notepat/notepat++). Nah setelah itu silahkan ikuti langkah langkah berikut ini
  • Cari kata-kata "$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config';" (nb: kalian bisa mencarinya dengan ctrl+f).
  • Setelah ketemu, ubah "config"menjadi "Cookie" dan hasilnya akan menjadi seperti ini "$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'cookie';"

3. Restart XAMPP
Nah setelah kalian mengedit config tersebut, langkah selanjutnya yaitu restart XAMPP. Karena jika tidak di restart, maka password di xampp tidak akan berjalan. Untuk merestart bisa kalian klik Stop dan Start.

4. Buka phpMyAdmin
Nah sekarang kalian buka "localhost/phpmyadmin/" dan langsung saja klik Kirim untuk masuk(nb:tidak perlu mengisi password, hanya perlu usernamenya root saja, password silahkan di kosongkan)

5. Ubah Kata Sandi phpMyAdmin


Nah setelah berhasil masuk, silahan klik "Ubah kata sandi" yang sudah saya tandai dengan box warna merah. Dan setelah itu kalian bisa memilih "Kata Sandi" dan masukan password yang ingin anda buat

Nah kurang lebih begitulah Cara Memberikan Password phpMyAdmin Pada XAMPP. Bila ada pertanyaan seputar XAMPP bisa berkomentar dengan sopan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url