Trik Terhindar Dari Serangan Ransomware

trik terhindar dari ransomware
Trik Terhindar Dari Ransomware - Ransomware adalah sebuah virus yang sangat berbahaya. Bagaimana tidak, virus ini sebagian besar diciptakan untuk mengembil uang tebusan untuk file yang mereka ambil/enskripsi.

Virus Ransomware ini biasanya menyebar dari satu komputer ke komputer lainya yang berada pada satu jaringan yang sama. Contohnya seperti virus Wanna Cry yang menyerang perkantoran dan rumahsakit yang memiliki tingkat keamanan yang sangat rendah.

Pada dasarnya virus ransomware memaksa dan memeras orang yang komputernya telah terkena virus. Tidak main-main jumlah yang dimintanya cukup besar bahkan adal yang sampai $600 tergantung dari sang pemilik ransomware itu sendiri.

Lalu bagaimana cara untuk menghindari serangan virus ransomware? Caranya cukuplah mudah kalian bisa membacanya di bawah ini.

1. Hindari Penggunaan Software Bajakan

Software bajakan merupakan senjata bagi para hacker untuk menyebarkan virus ransomware. Mereka bisa menyisipkan kode-kode berbahaya kedalam aplikasi yang kita download dan bahkan ada yang langsung mengirimkan ransomware yang berbentuk menyerupai software yang kita download.

2. Pasang Antivirus Terbaru

Untuk mengantisipasi serangan ransomware yang waktu-waktu ini sering terjadi, sebaiknya kalian memasang antivirus yang paling terbaru. Kalian bisa menggunakan antivirus jenis Smadav, Avast, ataupun antivirus yang lainya.

3. Hindari Website Yang Tidak Jelas

Hindarilah sebuah website yang tidak jelas asal usulnya atau menggunakan domain ngawur. Kenapa demikian? Karena kadang website seperti itu otomatis mendownload aplikasi yang memungkinkan mengandung ransomware. Jadi Hindarilah website seperti itu.

4. Update Selalu Windows Kalian

Selalu update secara rutin windows atau system operating yang kalian pakai. Sebab sebagian besar komputer yang terkena ransomware memakai windows yang sudah ketinggalan jaman atau kurang update. Oleh sebab itu selalu cek dan update windows kalian atau beralih ke Linux.

5. Hindari Link Spam Email Yang Mencurigakan

Menurutpengamatan, sebagian besar ransomware juga menyebar lewat email. Mereka mengirimkan sebuah link atau software yang diberi iming iming mendapatkan banyak uang. Mereka menyebarkanya secara acak ke semua alamat email yang biasanya didapatkan dari situs besar.


Nah diatas adalah Trik Terhindar Dari Serangan Ransomware yang bisa kalian terapkan ke dalam komputer. Sebenarnya masih banyak ransomware yang dibuat dan disebar setiap harinya, maka dari itu selalu terapkan trik dari saya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url