5 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak Bisa Dibajak

Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak Bisa Dibajak - Media sosial adalah sebuah media daring yang bisa diakses dan gunakan dengan mudah oleh penggunanya. Tidak jarang, banyak anak-anak dibawah umur yang sudah mengenal sosial media atau sosmed yang berujung pada penyalah gunaan fungsi sosmed tersebut.

Salah satu Sosial Media/Sosmed yang paling banyak digunakan adalah Facebook. Banyaknya pengguna Facebook/FB membuat orang-orang ingin memiliki akun orang lain yang menurutnya lebih bagus dan terkenal dari akun miliknya.

Tidak jarang, banyak orang yang menghalalkan segala cara agar bisa memiliki akun facebook/fb yang mereka inginkan. Maka dari itu yuk kita amankan akun Facebook kita dari serangan hacker dengan mengikuti tips di bawah ini.

Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak Bisa Dibajak

1. Mengaktifkan Peringatan Masuk

Peringatan masuk atau bisa kita sebut dengan Login Alerts adalah fitur tambahan milik facebook yang wajib anda aktifkan karena dengan mengaktifkan fitur tersebut, kalian bisa melihat dan meninjak lanjuti siapa saja orang yang sudah mencoba masuk ke akun facebook anda.

Peringatan ini biasanya masuk di bagian messenger, email, ataupun email tergantung kalian mengaturnya. Cara mengaktifkanya  pun cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke Settings--->Security--->Login Alerts

 2. Hindari Penggunaan Email Yahoo Yang Sudah Tidak Aktif

Maksud dari menghindari penggunaan email yahoo adalah kalian jangan menggunakan email yang sudah tidak aktif atau harus diaktifkan kembali. Dengan begitu hacker bisa meretas akun kalian hanya dalam hitungan sekejab mata. Hacking jenis ini bisa disebut dengan Dump_Mail.

Kerja dari teknik ini adalah mereka membuat email yahoo yang sama dengan email pertama kali anda mendaftarkan facebook, setelah mereka dapat mengakses email yahoo kalian mereka akan melakukan lupa password. Oleh sebab itu segera daftarkan kembali akun yahoo kalian.

3. Hindari Penggunaan Password Yang Mudah Ditebak

Dalam beberapa kasus, sering kali facebook diretas karena penggunanya menggunakan password yang terlalu mudah ditebak dan sudah terlalu umum. Sebagai contoh password yang mudah ditebak adalah "12345", "Sayang", "Nama Club Sepak Bola", "Tanggal Lahir".

Jadi jika kalian menggunakan password seperti itu, maka segeralah ganti password facebook kalian dengan password yang lebih rumit. Hal ini bertujuan untuk menghindari akun kita agar tidak dibajak oleh orang lain.

4. Hindari Link Phising

Nah Phising itu sendiri cara kerjanya seperti Keylogger dimana kita harus memasukan data akun kita ke website yang sudah dipasangin Keylogger. Ciri-ciri website phising adalah menggunakan sub domain, menggunakan url selain facebook.com, Memiliki tampilan yang mengiurkan.

Biasanya Phising itu sendiri disebar dengan tujuan mengambil akun facebook orang yang sudah memasuki website tersebut. Oleh sebab itu berhati hatilah dalam memasukan data akun facebook kalian.

5. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk melindungi akun facebook kita. Karena fitur ini akan menyuruh kita memasukan code sitiap kali kita login facebook. Cara mengaktifkanyapun cukup mudah, kita hanya perlu masuk ke Pengaturan--->Keamanan dan Info Login--->Gunakan Autentikasi Dua-faktor. Setelah itu kalian pilih Melalui SMS dan ikuti instruksi yang diberikan.

Nah begitulah kurang lebih 5 Cara Melindungi Akun Facebook Agar Tidak Bisa Dibajak menurut Kumpulin Ilmu. Tips diatas akan berguna jika kalian inngin agar akun facebook kalian tidak bisa dibajak/diretas.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url