Cara Install Ulang Windows 8

Windows 8

Kumpulinilmu - Windows adalah suatu operating sistem komputer yang dikeluarkan dan dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line(CMD). Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Tetapi Windows rentan terkena virus, maka dari itu saat terkena virus yang beresiko tinggi bagi komputer kita, maka kita disarankan untuk menginstall ulang operating windows kita agar supaya tidak ada virus pada komputer kita.

Nah disini saya akan mengajarkan kalian Cara Install Ulang Windows 8 Full Gambar.
Tapi jika laian belum bisa membuat bootable flashdisk windows, maka bacalah artikel berikut

Cara Install Ulang Windows 8

1. Setting BIOS

Cara

Di bagian ini kalian harus mengatur BIOS agar dapat digunakan untuk install windows, Kalian bisa menirukan seperti gambar saya di atas. Saya menggunakan Leptop Lenovo G 400(Pengaturan BIOS tiap Leptop/PC beda beda tergantung mereknya) Pilih bagian Boot dan setting seperti gambar di atas dimana USB HDD diatur di bagian atas sendiri(TOSHIBA TransMemory adalah nama Flash Disk saya). Jika sudah silahkan pilih Exit dan komputer kalian akan di restart. Biarkan sampai masuk pada tampilan instalasi windows.

2. Pilih Bahasa dan Format Waktu

Install

Pada bagian ini kalian akan di tampilkan tampilan seperti gambar di atas. Pada bagian ini kalian akan disuruh mengatur Bahasa dan Waktu. Kalian bisa menirukan pengaturan seperti yang sudah saya contohkan di atas. Tapi kalo kalian ingin mengubah Waktu dan Keyboard, silahkan dilakukan sesuka hati kalian masing masing.

3. Kita Setuju dan Menerima Aturan Licensi

Ulang

Nah pada bagian ini kalian harus Mencetang bagian "I accept the license terms", setelah itu klik next. Pada sebagian kasus, kita diharuskan untuk memasukan code license terlebih dahulu. Untuk itu silahkan simak di tutorial selanjutnya

4. Memilih Upgrade Windows Atau Install Windows

Windows 8

Setelah itu kalian akan di bawa ke tampilan selanjutnya di mana kalian harus memilih untuk Mengupgrade atau menginstall windows. Di bagian ini silahkan kalian untuk memilih yang "Custom: Install Windows only(advance)". Karena saat ini kita membahas Cara Install Ulang Windows 8 bukan upgrade windows.

5. Memilih Lokasi Installasi Windows
Cara

Di bagian ini adalah bagian paling fatal, dimana jika kalian salah menaruh lokasi windows maka data data kalian akan hilang. Untuk itu silahkan ikuti panduan yang saya berikan.

  • Pilih lokasi yang sebelumnya pernah di buat installan windows. Normalnya kita menaruh di Drive C. Namun karena di tampilan ini tidak ada tulisan/nama nama drive maka kita harus melihat terlebih dahulu ukuran dari drive kalian masing masing(setiap komputer ukuran Drive C nya berbeda beda). Nah kebetulan Drive C saya ukuranya 100GB maka kita akan menginstallnya di Drive yang ukuranya 100GB tadi.
  • Format Drive C tadi atau yang ukuranya 100GB(Hanya Drive C saja/100GB). Nah kenapa saya sarankan untuk memformatnya daripada menghapusnya, karena kalau menghapusnya akan ribet, beda dengan format yang hanya 1 langkah saja
  • Jika proses formatnya sudah selesai maka selanjutnya kita akan menginstall windowsnya dengan klik Next
6. Menunggu sampai Instalasi Selesai
Install

Di bagian ini kalian harus bersabar karena proses installasi windows tidak sebentar, mungkin memerlukan waktu sekitar 10-15 menit atau lebih. Di bagian ini System akan menginstall operating windows seperti Install Features, Install Upgrade dan yang terakhir Finishing UP. Tunggu sampai benar benar selesai. Ketika sudah selesai kita akan di tampilkan tampilan restart komputer dengan hitungan mundur. Pada saat itu kalian harus mencabut Flash Disk atau CD yang kalian gunakan untuk install windows. Karena jika tidak maka akan mengulang lagi ke proses installasi windows

7. Menunggu Sampai Windows Siap Dioperasikan
Pada bagian ini kalian akan ditampilkan seperti saat awal booting windows yang pada saat itu windows sedang mempersiapkan data data untuk menjalankan windows, jadi tuggu sampai selesai dan sampai komputer anda direstart secara otomatis.

8. Mengatur Nama PC

Ulang

Dibagian ini kalian diharuskan untuk mengatur nama dari pc kalian(1). Gunakanlah huruf A-Z, Z-A, 1-9,  dan jangan gunakan simbol seperti .,/';[]\=-. Jika sudah selesai silahkan klik Next(2)

9. Mengatur Pengaturan Windows
Windows 8

Nah dibagian ini kalian bisa mengatur pengaturan windows kalian. Jika kalian malas untuk mengaturnya silahkan pilih saja "Use Express settings". Namun jika kalian ingin mengaturnya sendiri, silahkan pilih Customize. Namun saya sarankan untuk memilih "Use Express settings"

10. Mengatur User Akun PC

kumpulinilmu

Di bagian ini kalian diharuskan untuk mengatur Username, Password dan hint. Kalian bisa mengisinya sesuka hati anda. Namun jika kalian ingin tidak diberi password silahkan isi bagian Username saja seperti gambar di atas. Jika sudah klik Finishing

11. Menunggu Sampai  Persiapan Selesai

kumpulinilmu

Di bagian ini kalian tidak harus mengatur apa apa, kalian diharuskan menunggu sekitar 5 menit untuk bisa mengoperasikan window kalian. Di bagian ini kalian jangan mematikan komputer agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Tunggu saja sampai selesai, percayaah menuggu itu sangat melelahkan. Tapi kalau kita bersabar makan kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Windows Siap Digunakan
Windows 8

Nah installasi windows sudah selesai. Kalian bisa menggunakan windows anda masing masing. Sat ini mungkin sebagian windows masih belum bisa digunakan untuk mengatur kecerahan ,Wifi, dan lainya karena banyak driver yang belum terpasang. Untuk itu silahkan kalian install keperluan driver kalian, saya merekomendasikan Driver Pack Solution

Nah selesai sudah untuk Cara Install Windows 8 Dengan Baik dan Benar. Jiam tutorial ini bermanfaat bagi kalian silahkan untuk meninggalkan komentar, namun jika ada kesalahan atau error kalian bisa komentar. Sebisa mungkin saya akan membantu kalian.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url